Blog

Beberapa Informasi Menarik Tentang Jilbab

02/02/2014 21:26

Jilbab adalah bagian dari pakaian wanita muslim yang wajib dipakai. Dengan memakai jilbab maka akan membuat secara keseluruhan pakaian wanita harus tertutup dan mengikuti jilbab sebagai atasannya. Berpakaian tertutup tidak berarti menjadi kuno dan tidak fashionable. Namun memakai jilbab yang cantik dipadu dengan pakaian atasan dan bawahan yang menarik akan membuat anda akan tetap terlihat cantik.

Di Indonesia ada dua tipe jilbab, ada jilbab tanpa penutup wajah (cadar) dan inilah jilbab yang paling banyak dipakai da nada juga tipe jilbab dengan pentutup wajah seperti halnya jilbab-jilbab yang banyak dipakai oleh wanita-wanita di negara Timur Tengah.

Tidak ada salahnya jika jilbab dipadukan dengan bawahan celana dan sepatu kulit boot se-lutut, ini hanyalah salah satu contoh yang menunjukkan bahwa fashion jilbab juga bisa terlihat trendy. Ukuran Jilbab juga merupakan bagian penting yang harus anda ketahui. Ada ukuran jilbab yang menutupi sampai dada atau punggung da nada juga ukuran jilbab yang mencapai se-pinggang. Jilbab ukuran se-dada menjadi tipe jilbab yang banyak dipakai wanita muslim di Indonesia. Oleh sebab itu anda akan menemukan banyak variasi model, warna dan desain dari tipe jilbab ukuran ini.

Model jilbab yang cocok dengan bentuk wajah anda juga sangat perlu untuk anda perhatikan. Ada tipe wajah bulat, wajah lonjong, dan tipe wajah agak kotak. Model jilbab yang tepat akan membuat penampilan anda bertambah menarik dan jika anda pintar dalam memadukan warna dan aksesoris jilbab maka penampilan anda akan terlihat sempurna.

Fashion Pakaian Muslim – Saat Ini Sudah Semakin Populer Di Dunia Barat

21/11/2013 15:31

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kesopanan dalam berpakaian, tidak boleh membuka aurat dan berlebih-lebihan itulah prinsip utamanya. Ini adalah alasan mengapa mode pakaian umat Islam menjadi lebih konservatif jika dibandingkan dengan mode pakaian Eropa, Amerika dan Negara-negara Barat lainnya. Dengan meluasnya dan berkembangnya Islam ke seluruh dunia, khususnya Negara-negara Barat, tentunya membuat terjadinya percampuran mode pakaian pada umat Islam itu sendiri dengan mode pakaian Barat.

Pada awal mulanya, sebagaian besar warga Islam di Amerika dan Eropa lebih memilih untuk memakai pakaian-pakaian bergaya Eropa/Barat karena adanya keterbatasan toko yang menjual pakaian-pakaian muslim dan kurangnya model dan fashion pada pakaian Islam itu sendiri. Namun, sekarang dengan kehadiran internet dan toko online yang menawarkan dan menjual berbagai kebutuhan warga Islam, baik fashion pakaian, fashion sepatu seperti sepatu kulit, sepatu kasual, dan fashion aksesoriesnya, membuat perkembangan fashion Islam semakin berkembang, semakin populer dan banyak disukai.

Berkembangnya fashion Islam di dunia Barat merupakan hal yang positif karena setiap warga muslim bisa memperkenalkan pada masyarakat di sekitarnya bahwa pakaian muslim itu tidak selalu konservatif, tetapi bisa mengikuti perkembangan fashion. Yang paling penting adalah tidak melanggar norma dan aturan-aturan berpakaian yang telah diajarkan agama. Pakaian muslim perempuan yang paling umum adalah model abaya dan jilbab, sedangkan bagi para kaum pria adalah model pakaian jubbah. Namun untuk para pria lebih fleksibel, memakai pakaian seperti setelan jas juga sah-sah saja bukan? Asalkan tidak membuka aurat.

Pakaian muslim telah menjadi identitas sekaligus sarana dakwah yang bagus yang bisa diajarkan ke seluruh dunia. Dari cara berpakaaian saja, Islam sudah mengajarkan sopan santun dan kedisiplinan. Begitupun seharusnya pada cara bersikap dan cara berpikir seorang muslim harus terjaga dan penuh kesopanan.

Beberapa Info Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pakaian Wanita Muslim

11/09/2013 22:22

Akhir-akhir ini jenis pakaian muslim wanita semakin variatif dan banyak modelnya. Ternyata pakaian muslim di tiap-tiap Negara sedikit berbeda-beda. Ada pakaian wanita muslim dengan model yang konservatif yaitu pakaian serba tertutup dan berdesain longgar, ada juga pakaian dengan desain yang lebih modern dan modis, semua tergantung budaya dan aturan di tiap-tiap Negara tentunya.

Pakaian muslim wanita harus sesuai dengan aturan dalam agama Islam, karena menurut ajaran Islam tubuh wanita harus dijaga dan tertutup (disebut aurat). Banyak yang berpikir bahwa pakaian wanita muslim ini membuat badan gerah dan kepanasan, namun jangan khawatir saat ini sudah banyak jenis pakaian muslimah yang terbuat dari bahan yang ringan, tidak panas dan nyaman dipakai.

Pakaian wanita muslim yang sangat populer adalah abaya, ini adalah model gaun panjang dari leher sampai dengan kaki anda, biasanya berwarna hitam, dan didesain dengan motif bordir sebagai dekorasinya agar terlihat lebih menarik. Akan sangat menarik jika abaya dipaadukan dengan sepatu wanita yang fashion dan stylist, klik di sini untuk melihat model-model sepatu wanita yang cocok untuk abaya atau pakaian muslimah anda lainnya.

Hijab atau jilbab adalah bagian pakaian wanita yang wajib dipakai para wanita muslim. Namun di beberapa Negara aturan pemakaian jilbab tidak terlalu ketat seperti di Indonesia sendiri, ada yang memakai jilbab dan ada juga yang tidak, tergantung pada kepribadian dan pemahaman masing-masing terhadap ajaran agamanya.

Jika anda berminat untuk memiliki pakaian seperti ini, sekarang sudah sangat mudah sekali bisa anda dapatkan. Belanja lewat toko online adalah pilihan yang bisa anda ambil, karena selain bisa menghemat waktu sekaligus anda juga memiliki banyak pilihan model pakaian muslim disebabkan saat ini sudah banyak sekali toko online yang menjual pakaian wanita muslim.

Kaftan Adalah Jenis Pakaian Wanita Muslim Yang Sudah Menyebar Di Seluruh Dunia

11/09/2013 18:14

Kaftan adalah sejenis dress atau gaun perempuan muslimdengan desain berlengan panjang, dan dengan panjang gaun mencapai mata kaki. Begitulahdesain sederhana sebuah kaftan pada awalnya, kemudian desainnya terusberkembang dengan fashion dan mode yang lebih menarik seperti gaun kaftan yanganda lihat sekarang ini. Ditambah lagi, kaftan sekarang ini semakin populer danmenjadi fashion wanita muslim di daerah Barat.

Desain kaftan klasik terdiri dari model lengan yang didesain dengan model menggelembung atau mengembang dengan diameter lengan kaftan yang besar.Namun sekarang, ada beberapa desain kaftan dengan lengan yang lebih kecil danlebih ketat. Panjang gaun kaftan model klasik dibuat sampai menutup kaki atau sepatu anda, namun sekarang ini panjang gaun sudah banyak dimodifikasi menjadi lebih pendek,dengan  panjang se-mata kaki saja. Desain kerah nya pun dibuat tinggi sampai hanya beberapa cmdibawah leher, karena kaftan memang khusus untuk perempuan muslim yang harusmenutup auratnya dari atas sampai bawah.

Kaftan didesain dengan jenis kain yang tipis, jika digunakanuntuk musim panas, jenis kainnya biasanya lebih tipis sedangkan untuk musimdingin di desain dengan bahan kain yang lebih tebal. Kaftan diyakini merupakanpakaian wanita muslim yang berasal dari Afrika Utara sampai dengan Asia TimurTengah. Kaftan berasal dari bahasa Persia yang berarti kain polos dan berukiranyang didekorasi dengan aksesori yang menarik.

Kehadiran kaftan di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerikamenunjukkan jenis pakaian wanita muslim yang satu ini bisa diadaptasi kepadaberbagai budaya. Tanpa meninggalkan pola klasiknya, kaftan dibuat dengan berbagaidesain, seperti desain longgar dan ketat, desain kerah V, model panjang danpendek, kemudian desain ukiran dan aksesoris kaftan juga berbeda-beda di setiapdaerah.

Pakaian Muslim Trendy Untuk Musim Dingin

11/09/2013 18:08

Seperti kita tahu bahwa bumi memiliki empat musim, yaitu musim panas,musim dingin, musim gugur dan musim semi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada pola hidup manusia di tiap-tiap tempat atau tiap-tiap musim. Pastinya akan ada perubahan dari segi jenin makanan, pola kerja, dan tentunya pola berpakaian.

Sebagai seorang muslim yang selalu ingin tampil trendy, sebaiknya anda bisa mengikuti perkembangan fashion dan bisa menyesuaikan pakaian yang dengan musim yang berlangsung.Contohnya model baju, celana, hijab, sepatu musim dingin berbeda dengan model pada musim panas. Bagi orang-orang Indonesia mungkin perubahan musim tidak terlalu berpengaruh pada cara berpakaian, karena Indonesia hanya mengalami dua musim yaitu musim hujan dan kemarau.

Saat ini penduduk muslim dunia tidak hanya berpusat pada negara-negara yang beriklim panas seperti di Timur Tengah, namun penyebaran orang-orang Islam sudah sampai di Eropa, Eropa Timur, Eropa Selatan, Amerika, Amerika Utara yang notabene mengalami musim dingin yang ekstrem.

Hijab atau Jilbab

Saat musim dingin tiba, sebaiknya anda mulai mempersiapkan jilbab yang memiliki kain yang lebih tebal dari jilbab yang anda pakai di musimpanas. Lindungi kepala dan wajah anda dari sengatan dinginnya salju. Pilihlah model jilbab bernuansa gelap pada saat musim dingin, dan carilah jilbab yang bermotif dan bercorak, itu lebih baik daripada jilbab polos.

Padukan jilbab anda dengan cardigan atau sweater hangat anda, penampilan anda akan terlihat menjadi lebih menarik.

Abaya

Abaya adalah jenis pakaian wanita muslim model terusan dari atas sampai bawah. Sebenarnya abaya hampir sama dengan dress, namun abaya lebih khusus untuk wanita muslim karena desain abaya memilik model lengan panjang, tidak seperti dress yang memiliki berbagai model lengan dari model lengan pendek, tanpa lengan, dll.

Abaya bisa jadi pilihan anda dalam menghadapi musim dingin, karena memberikan perlindungan ekstra dari bagian atas tubuh sampai ke lengan dan sampai ke kaki. Pilihlah abaya yang memiliki kain yang lebih tebal dan setiap toko pasti menyediakan abaya untuk musim dingin.

Pakaian Wanita Muslim Yang Paling Populer Saat Ini

11/09/2013 18:03

Faktor budaya yang berbeda-beda di tiap-tiap tempat memegang peranan penting dalam menunjukkan identitas suatu kelompok masyarakat, seperti bahasa yang mereka bicarakan, makanan yang mereka makan dan tentunya pakaian yang mereka pakai. Namun khusus untuk pakaian muslim perempuan, ternyata tidak banyak perbedaan model di tiap-tiap tempat atau wilayah. Berikut ini kita akan membahas beberapa model pakaian muslim perempuan yang paling umum dan populer saat ini.

Abaya

Ini adalah jenis pakaian muslim perempuan yang paling populer dimana hampir semua perempuan muslim di dunia mengenal jenis pakaian yang satu ini. Abaya merupakan dress perempuan dengan desain longgar di mulai daribahu sampai dengan kaki sehingga seluruh tubuh perempuan akan tertutupi, kecuali tangan dan kaki.

Abaya semakin terkenal karena banyak perusahaan besar dan para desainer terkenal, seperti Hind Beljafla, Dior, Blumarine, mulai melirikjenis pakaian ini, dan berlomba-lomba menciptakan desain-desain baru.

Burka

Burka adalah jenis pakaian wanita muslim yang menutupi hampir semua bagian tubuh dimulai dari wajah sampai dengan tumit kaki atau sampai bagian tumit sepatu. Desain pakaian ini juga dibuat dengan ektra longgar sehingga kadang-kadang terlihat seperti potongan kain besar yang dipakai untuk menutupi seluruhbagian tubuh perempuan. Ini adalah jenis pakaian muslim wanita yang paling konvensional dan banyak dipakai di Negara-negara Timur Tengah yang memiliki tradisi yang masih sangat kental dan kuat.

Hijab

Ini adalah jenis penutup kepala sampai dengan leher yang wajib dikenakan oleh setiap wanita Muslim. Saat ini, hijab telah memiliki banyak model dan desain bahkan mungkin sudah mencapai ribuan jenis desain, dari model yang hijab pendek pas di kepala sampai leher sampai dengan model hijab yang panjang. Banyak motif, pernak-pernik dan aksesoris yang bisa ditambahkan sehingga hijab terlihat lebih cantik, fashionable